spot_img
spot_img
spot_img
BerandaBerita UtamaSerikat Pekerja di Georgia Menangkan Kenaikan Upah dengan Dialog Sosial
Jumat, Mei 3, 2024

Serikat Pekerja di Georgia Menangkan Kenaikan Upah dengan Dialog Sosial

spot_imgspot_img

Kantorberitaburuh.com, GEORGIA – Serikat pekerja industri metalurgi, pertambangan dan kimia Georgia berhasil memperjuangkan peningkatan pendapatan 20 persen untuk pekerja pabrik kontainer kaca Ksani (JSC Mina) di Georgia.

Kesepakatan telah dicapai dalam perjanjian bersama untuk masa empat tahun ke depan, yakni 2021-2024. Ditandatangani pada 26 Februari setelah enam pertemuan daring dan luring antara serikat pekerja tersebut dengan JSC Mina serta partisipasi online dari kantor pusat Şişecam Istanbul.

Upah rata-rata saat ini adalah GEL1150 (US $ 345); menurut kesepakatan bersama yang baru, pendapatan pekerja dapat meningkat hingga 20 persen.

Kenaikan pendapatan sebelas persen akan dicapai melalui indeksasi upah tahunan sejalan dengan tingkat inflasi, pembayaran gaji ke-13, kenaikan tarif kerja malam sebesar 50 persen, kenaikan bonus Tahun Baru sebesar sepuluh persen, dan peningkatan yang lebih luas,as serta uransi kesehatan.

BACA JUGA  Keputusan Tata Usaha Negara Bersifat Konkret, Individual dan Final

Selain itu, sistem bonus akan diberlakukan, dengan peningkatan tambahan hingga sembilan persen, asalkan target terpenuhi sepanjang tahun.

Kesepakatan bersama selama 3 tahun pertama ditandatangani pada Agustus 2017 setelah lebih dari satu tahun negosiasi yang diikuti dengan pemogokan selama sebulan terhadap 170 pekerja, yang melumpuhkan operasi pabrik pada Maret 2016.

Sejak itu, dialog sosial menjadi semakin penting. Presiden TUMMCIWG Tamaz Dolaberidze mengatakan, meskipun terjadi perselisihan secara berkala, pihaknya berhasil membangun cara berkomunikasi yang berkontribusi terhadap penyelesaian masalah rutin.

“Kami dapat membangun hubungan berdasarkan prinsip kemitraan sosial yang konstruktif.” kata dia seperti dinukil Kantor Berita Buruh dari situs resmi IndustriALL Global Union, Jumat (26/3/2021).

BACA JUGA  Kenaikan UMK Jatim Tidak Signifikan, Buruh Kecewa

Asisten sekretaris jenderal IndustriALL Kemal Özkan mengatakan, pihaknya mengucapkan selamat kepada serikat pekerja atas kesepakatan bersama yang kuat yang menguntungkan para pekerja ini.

“Kami berharap perusahaan memenuhi kewajibannya, dan para pihak melanjutkan dialog sosial yang tulus.”

Pabrik wadah kaca di Ksani (JSC Mina) mempekerjakan 160 pekerja dan dimiliki oleh perusahaan Turki Şişecam, dengan 42 pabrik produksi dan 22.000 pekerja di 14 negara. (*/REDKBB)

- Advertisement -spot_imgspot_img
Must Read
Terbaru
- Advertisement -spot_imgspot_img
Baca Juga :