spot_img
spot_img
spot_img
BerandaBerita UtamaRakerwil KSBSI Jakarta, Kita Butuh Regenerasi, Kata Sekjen KSBSI
Sabtu, April 27, 2024

Rakerwil KSBSI Jakarta, Kita Butuh Regenerasi, Kata Sekjen KSBSI

spot_imgspot_img

Kantorberitaburuh.com, JAKARTA – Menurunnya jumlah anggota bagi serikat buruh di tengah relokasi kawasan industri di DKI Jakarta terutama Kawasan industri Berikat Nusantara (KBN) dan kawasan Industri Pulogadung, masih menjadi persoalan krusial bagi Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) provinsi Jakarta.

Persoalan ini dikupas Dedi Hardianto, Sekretaris Jenderal Dewan Eksekutif Nasional (DEN) KSBSI dalam pembukaan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) yang digelar Korwil KSBSI DKI Jakarta, 16 September 2023.

Rakerwil ini merupakan rapat yang pertama digelar diperiode awal kepemimpinan Alson Naibaho. “Membangun Buruh DKI Jakarta yang Bermartabat” menjadi tema Rakerwil tahun 2023 ini.

Acara pertama dimulai dengan materi Implementasi Program Manfaat Layanan Tambahan (MLT) dari BPJS Ketenagakerjaan, yakni “Perumahan Pekerja Peserta BPJS Ketenagakerjaan”. Dalam agenda ini, BPJS Ketenagakerjaan mensosialisasikan program rumah bagi buruh dan pekerja dengan skema cicilan dan atau renovasi rumah bagi buruh dan pekerja melalui layanan MLT.

BPJS Ketenagakerjaan secara simbolis memberikan bantuan Sembako kepada Peserta Rakerwil KSBSI DKI Jakarta. (Foto: REDHUGE/Media KSBSI)

Selain memberikan materi, BPJS Ketenagakerjaan Kanwil DKI Jakarta I ini juga memberikan bantuan Sembako bagi peserta Rakerwil.

Acara kedua adalah materi ‘Implementasi Program SASK bertema Training of Trainer on Climate of Just Transition Issue dan tanya jawab’.

Agenda ini merupakan agenda yang mengupas dampak perubahan Iklim di bidang ketenagakerjaan dan transisi yang adil (Climate Change and Just Transision) dengan Narasumber pemateri adalah Sekretaris Jenderal (Sekjen) KSBSI Dedi Hardianto.

BACA JUGA  Industri Otomotif Berkontribusi Besar untuk Ekonomi Nasional

“Transisi yang adil di dunia kerja dan peralihan industri yang terdampak perubahan iklim, ini yang menjadi program kita saat ini,” kata Dedi Hardianto kepada peserta Rakerwil KSBSI DKI Jakarta, Sabtu (16/9/2023).

Sekjen KSBSI, Dedi Hardianto. (Foto: REDHUGE/Media KSBSI)

Sekjen KSBSI ini meminta kepada forum Rakerwil untuk membentuk kelompok-kelompok calon Trainer yang mempraktekan secara langsung bagaimana menjadi “Trainer”. KSBSI membutuhkan kader-kader yang siap memberikan pelatihan bagi buruh dan pekerja yang tergabung dalam federasi afiliasi KSBSI, terutama DKI Jakarta.

Rekrut Anggota dan Regenerasi

Dedi mengupas, turunnya jumlah anggota KSBSI dari tahun ke tahun menjadi tantangan bagi KSBSI Jakarta ke depannya. Ia yang juga pernah menjabat sebagai Korwil KSBSI DKI Jakarta ini, menegaskan kembali, sebagai Sekjen KSBSI, sudah menjadi tugas bagi dirinya untuk kembali menumbuhkan anggota-anggota KSBSI di Jakarta.

BACA JUGA  K2N KSBSI: Pemerintah Lamban Berantas Kejahatan Perdagangan Orang

“(KSBSI) Jakarta harus bertumbuh. Bahwa Jakarta adalah barometer, dan hari ini tantangan kita adalah jumlah anggota yang semakin berkurang karena relokasi kawasan industri ke daerah-daerah. Lalu bagaimana caranya membesarkan KSBSI Jakarta?” tanya Dedi.

Menurutnya, ini adalah tantangan dari persoalan yang harus dijalani. Oleh karena itu Ia berharap Pengurus DPC dapat menyampaikan kepada Pengurus Komisariat (PK) bahwa besar atau tidaknya KSBSI bukan hanya menjadi tanggung jawab Korwil atau DPC, tetapi juga menjadi tanggung jawab PK.

“Jadikanlah diri kita marketing untuk bagaimana membuat KSBSI ini menjadi besar kembali. Disitu tantangannya. Karena (industri) banyak yang direlokasi ke luar dari Jakarta, dan KSBSI menjadi terdampak karena situasi dan persoalan ekonomi,” terangnya.

Ketua Komisi Kesetaraan Nasional (K2N) Dian Yudianingsih saat menyerahkan SK kepada Dwi Istianah selaku Ketua K2P DKI Jakarta. (Foto: REDHUGE/Media KSBSI)

Namun, Dedi berharap, Federasi yang menjadi afiliasi KSBSI Jakarta dapat merekrut anggota-anggota baru untuk membangun generasi yang akan menjadi pemimpin KSBSI ke depannya.

“Regenerasi itu tidak bisa hanya diucapkan. Dalam regenerasi itu ada implementasi yang harus dilakukan. Apa itu? Berikan job-job pekerjaan organisasi kepada kawan-kawan kita. Itu implementasi dari regenerasi.” terangnya.

“Jadi regenerasi tidak akan pernah terjadi kalau kemudian job desk-nya atau pekerjaannya tidak diberikan,” tandas Sekjen KSBSI.

BACA JUGA  Dikhianati AS dan Australia, Prancis Tarik Pulang Duta Besarnya

Penyerahan SK Pengurus K2P dan Komite Pemuda KSBSI DKI

Pada agenda Rakerwil kali ini, juga dilakukan penyerahan Surat Keputusan (SK) untuk Pengurus Komite Kesetaraan Provinsi (K2P) DKI Jakarta dan SK Pengurus Komite Pemuda Prov. DKI Jakarta.

Ketua Komite Pemuda Nasional, Nanda Maureen saat menyerahkan SK kepada Rian Fitrian selaku Ketua Komite Penuda Prov. DKI Jakarta. (Foto: REDHUGE/Media KSBSI)

Untuk K2P, SK diserahkan langsung oleh Ketua Komite Kesetaraan Nasional (K2N) Dian Yudianingsih kepada Dwi Istianah selaku Ketua K2P DKI Jakarta.

Untuk Komite Pemuda Prov. DKI Jakarta, SK diserahkan langsung oleh Ketua Komite Pemuda Nasional, Nanda Maureen kepada Rian Fitrian selaku Ketua Pemuda DKI Jakarta.

Rakerwil ini sekaligus juga menetapkan kepengurusan Korwil KSBSI DKI Jakarta di periode kepengurusan 2023-2027 dengan susunan, Korwil KSBSI DKI Jakarta Alson Naibaho, Sekretaris Wilayah Bambang SY, Bendahara Lukman.

Rakerwil dihadiri 5 Federasi afiliasi, diantaranya DPC FSB NIKEUBA, DPC FSB KAMIPARHO, DPC FSB KIKES, DPC FSB GARTEKS dan DPC FKUI Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Jakarta Selatan.

[REDHUGE/REDKBB]

- Advertisement -spot_imgspot_img
Must Read
Terbaru
- Advertisement -spot_imgspot_img
Baca Juga :