spot_img
spot_img
spot_img
BerandaBerita UtamaSerikat Karyawan Garuda Geruduk Menteri BUMN, Ini yang Diminta
Jumat, Mei 3, 2024

Serikat Karyawan Garuda Geruduk Menteri BUMN, Ini yang Diminta

spot_imgspot_img

“Untuk menjaga kelangsungan Garuda Indonesia, kiranya dalam RUPS tanggal 13 Agustus 2021 nanti Bapak Menteri BUMN dapat mengambil keputusan yang terbaik atas semua mata acara agenda RUPS,”

Kantorberitaburuh.com, JAKARTA – Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia menangguk utang yang menumpuk hingga Rp70 triliun. Kondisi ini diperparah akibat pandemi Covid-19.

Menjelang Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Serikat Bersama Karyawan Garuda Indonesia Bersatu sambangi Kementerian BUMN, meminta Erick Thohir menyelamatkan Garuda.

Koordinator Sekber Karyawan Garuda Indonesia, Tomy Tampatty, dalam keterangannya, Selasa (10/8/2021) mengatakan, saat ini ada dua permasalahan utama Garuda Indonesia yang harus menjadi perhatian para pengambil keputusan.

Pertama permasalahan keuangan terutama hutang yang cukup besar ditambah lagi dengan menurunnya kinerja operasional akibat dari dampak COVID-19.

Kedua adalah permasalahan fundamental bisnis yang perlu ditata kembali dan dikelola secara optimal guna mengoptimalisasi pendapatan.

BACA JUGA  Temuan Mengejutkan Poros Rawamangun, Bansos DKI Diduga Dikorupsi?

“Maka untuk menghadapi kondisi ini, sangat dibutuhkan setidaknya orang yang sangat mengerti di bidang bisnis airlines,” ujar Tommy seperti dilansir suara.com, Selasa (10/8/2021).

Menurut Tommy, selama ini terkesan manajemen melakukan salah asumsi bahwa masalah Garuda Indonesia hanya masalah keuangan semata dan yang terjadi adalah Manajemen berkutak kutik pada proses reengeneering bidang keuangan semata termasuk restrukturisasi hutang sebagai pilar utamanya.

Padahal, masalah fundamental bisnis untuk penciptaan laba itu yang jauh lebih penting yang selama ini terabaikan seperti dalam hal ketepatan memilih alat produksi, ketepatan memilih rute yang diterbangi dan ketepatan people process technology yang dijalankan sehingga bisnisnya menjadi untung.

“Ke depan kita juga perlu mengembangkan Ecosystem Aviasi dan Pariwisata ini dalam suatu strategy bertahan dan tumbuh melalui kolaborasi dan sinergy yang kuat antar BUMN/BUMD, Swasta UMKM dan Pemerintah serta semua Stake Holder,” kata dia.

BACA JUGA  Laporan ILO: Upah Buruh Secara Global Menurun

Menurutnya para pekerja Garuda juga meminta Erick Thohir juga memilih opsi 1 pada penyelamatan Garuda Indonesia yang mana perseroan mendapat suntikan dana dari pemerintah.

“Untuk menjaga kelangsungan Garuda Indonesia, kiranya dalam RUPS tanggal 13 Agustus 2021 nanti Bapak Menteri BUMN dapat mengambil keputusan yang terbaik atas semua mata acara agenda RUPS,” pungkas Tommy.

4 Opsi

Sementara itu, pemegang saham sudah menawarkan empat opsi bagi Garuda Indonesia. Dari keempat opsi tersebut, dua di antaranya adalah restrukturisasi kinerja keuangan atau melikuidasi maskapai penerbangan nasional tersebut.

Adapun keempat opsi tersebut adalah:

pertama, pemerintah terus mendukung kinerja Garuda melalui pinjaman ekuitas. Meski begitu, dalam catatan pemegang saham, pemerintah berpotensi meninggalkan maskapai penerbangan pelat merah itu dengan hutang warisan yang besar.

BACA JUGA  Kisah Buruh China, Jadi Miliarder Kini Berutang Ribuan Triliun

Kedua, menggunakan legal bankruptcy untuk merestrukturisasi kewajiban Garuda, seperti utang, sewa, dan kontrak kerja.

Ketiga, Garuda dibiarkan melakukan restrukturisasi. Pada saat bersamaan, mulai mendirikan perusahaan maskapai penerbangan domestik baru yang akan mengambil alih sebagian besar rute domestik Garuda.

Keempat, Garuda akan dilikuidasi. Dalam opsi ini, pemerintah akan mendorong sektor swasta untuk meningkatkan layanan udara. Misalnya dengan pajak bandar udara (bandara) atau subsidi rute yang lebih rendah. Jika opsi terakhir menjadi pilihan pemerintah, maka Indonesia secara resmi tidak lagi memiliki national flag carrier. [*/REDKBB]

- Advertisement -spot_imgspot_img
Must Read
Terbaru
- Advertisement -spot_imgspot_img
Baca Juga :