spot_img
spot_img
spot_img
BerandaBerita UtamaKTM: dari Zaman Perang Hingga Mendunia
Minggu, Mei 5, 2024

KTM: dari Zaman Perang Hingga Mendunia

spot_imgspot_img

Kantorberitaburuh.com, AUSTRIA – Kraftfahrzeug Trunkenpolz Mattighofen (KTM), yang artinya “Kendaraan (buatan) Trunkenpolz Mattighofen” dikenal sebagai produsen motor asal Austria dengan produksi kendaraan paling terkemuka di Eropa.

Jika menilik wikipedia disebutkan, KTM AG (sebelumnya KTM Sportmotorcycle AG adalah produsen sepeda motor dan mobil sport Austria yang dimiliki oleh Pierer Mobility AG dan pabrikan India Bajaj Auto .

Didirikan pada tahun 1992, namun jejaknya dimulai sejak tahun 1934. Saat ini, KTM AG adalah perusahaan induk dari KTM Group, yang terdiri dari sejumlah merek sepeda motor.

KTM dikenal dengan sepeda motor off-road (enduro, motocross dan supermoto). Sejak akhir 1990-an, telah berkembang menjadi produksi sepeda motor jalanan dan mengembangkan mobil sport – yaitu X-Bow . Pada 2015, KTM menjual hampir sama banyaknya dengan sepeda off-road.

BACA JUGA  Hadapi KSBSI dan FSP KEP SPSI Pemerintah Hadirkan Yorrys dan Ketua DPN FKSPN

Sejak 2012, KTM telah menjadi produsen sepeda motor terbesar di Eropa selama empat tahun berturut-turut. Secara global, perusahaan ini merupakan salah satu produsen sepeda motor off-road terkemuka. Pada tahun 2016, KTM menjual 203.423 kendaraan bermotor di seluruh dunia.

Awal Berdirinya KTM

Pada tahun 1934, seorang insinyur Austria Johann (Hans) Trunkenpolz mendirikan bengkel dan bengkel mobil di Mattighofen . Pada tahun 1937, ia mulai menjual sepeda motor DKW , dan mobil Opel pada tahun berikutnya.

Tokonya dikenal sebagai Kraftfahrzeug Trunkenpolz Mattighofen , tetapi namanya tidak terdaftar. Selama Perang Dunia Kedua , istrinya mengurus bisnis yang berkembang terutama karena perbaikan mesin diesel.

Setelah perang, permintaan untuk pekerjaan perbaikan turun tajam dan Trunkenpolz mulai berpikir untuk memproduksi sepeda motornya sendiri. Prototipe sepeda motor pertamanya, R100, dibuat pada tahun 1951. Komponen sepeda motor diproduksi sendiri, kecuali mesin Rotax yang dibuat oleh Fichtel & Sachs .

BACA JUGA  Bos Kadin Yakin Tidak Ada Badai PHK Massal di 2021!

Produksi serial R100 dimulai pada tahun 1953. Dengan hanya 20 karyawan, sepeda motor dibuat dengan kecepatan tiga per hari. Disinilah perjalanan KTM merambah dunia.

Hingga saat ini, KTM memiliki banyak divisi serta menaungi merek-merek terkenal, seperti suspensi WP dan produsen motor off-road, Husqvarna dan Husaberg. KTM kini telah mendunia dengan beragam produknya yang tangguh. [*/REDKBB]

- Advertisement -spot_imgspot_img
Must Read
Terbaru
- Advertisement -spot_imgspot_img
Baca Juga :