spot_img
spot_img
spot_img
BerandaBerita UtamaPresiden KSBSI Terpilih Jadi Wakil Presiden ITUC Wilayah Asia Tenggara
Jumat, Mei 3, 2024

Presiden KSBSI Terpilih Jadi Wakil Presiden ITUC Wilayah Asia Tenggara

spot_imgspot_img

Kantorberitaburuh.com, MELBOURNE – Elly Rosita Silaban, Presiden Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) terpilih sebagai Wakil Presiden ITUC untuk wilayah Asia Tenggara pada Kongres ITUC ke-5 di Melbourne, Australia. Kongres yang dihadiri hampir Seribu peserta yang mewakili sekitar 200 Serikat Buruh dari 120 negara dunia, telah menentukan Kepemimpinan ITUC 4 tahun ke depan, periode 2022-2026.

“Kami bersyukur dan berterima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada KSBSI. Dalam hal ini, saya sendiri menyampaiakan rasa hormat atas tanggung jawab dan kepercayaan kongres yang telah menetapkan saya untuk duduk di Wakil Presiden ITUC wilayah Asia Tenggara.” kata Elly dalam keterangan resmi yang dipublish media Jejaring KSBSI.ORG, Selasa (22/11/2022).

Elly mengatakan KSBSI bangga bisa ikut ambil bagian dalam perdebatan dan diskusi selama lima hari. Hal ini tentunya untuk menentukan masa depan aksi organisasi untuk empat tahun mendatang oleh gerakan serikat buruh global.

BACA JUGA  Papua Teriak Merdeka, di Mana Posisi Negara?

Sebelumnya kongres lebih dulu menentukan pemilihan dan penetapan Sekretaris Jenderal ITUC yang baru. Terpilih Luca Visentini menggantikan Sharan Burrow untuk masa 4 tahun ke depan.

Pergulatan lebih seru ditentukan saat pemilihan Presiden ITUC yang baru. Kongres harus menetapkan Presiden ITUC yang dipilih melalui sidang General Council.

Maria Emeninta Departemen Hubungan Internasional KSBSI mengatakan, pemilihan Presiden jauh lebih alot, karena calon utama Presiden ITUC yakni Akiko Gono dari JTUC RENGO Jepang dianggap membelot ke kubu lawan, saat proses pemilihan Sekjen ITUC.

“Hal itu membuat hilangnya sedikit kepercayaan, sehingga menyulitkan tim dari Luca Visentini dalam meneruskan dukungan terhadapnya. Bahkan tim Luca telah mendiskusikan calon lain dari Albania.” kata Maria.

BACA JUGA  Inilah Kader KSBSI yang Terpilih jadi 'Titular Member of Womens Committe ITUC AP'

Namun demikian, pada akhirnya atas nama solidaritas serikat buruh dengan berbagai pertimbangan dan perjuangan tetap mengusung Akiko Gono sebagai Presiden ITUC. “Solidaritas buruh terutama dalam hal mempertimbangkan isu gender, akhirnya memenangkan perdebatan dan tetap menyokong Akiko Gono sebagai Presiden.” tandas Maria.

Kembali kepada Elly sebagai Wakil Presiden ITUC wilayah Asia Tenggara, nantinya Elly akan bekerja bersama 15 Wakil Presiden wilayah lainnya di seluruh dunia.

“Wakil Presiden ITUC yang mewakili dari setiap wilayah yang juga menjadi salah satu Titular atau anggota utama, ada wakilnya, anggota cadangan yang disebut 1st substitute dan 2nd substitute untuk General Council, semacam DKN ITUC untuk periode 4 tahun mendatang 2022-2026.” jelas Maria.

BACA JUGA  Wawancara Ekslusif Sekjen KSBSI: Ada Agenda Tersembunyi Dibalik Revisi UU PPP

“Tentu pencapaian ini juga berkat perjuangan Tim KSBSI yang sudah mensukseskan Luca Vinsentini sebagai Sekjen ITUC terpilih. KSBSI juga menjadi tim sukses Luca sejak setahun terakhir sampai menit-menit pemilihan berlangsung dan akhirnya Luca menjadi Sekjen ITUC terpilih.” tutupnya.

Selain dihadiri Elly Rosita dan Mia Emeninta, Kongres ITUC ke-5 juga dihadiri perwakilan KSBSI lainnya yakni Sekjen KSBSI Dedi Hardianto, Rekson Silaban MPO KSBSI dan Emma Liliefna Ketua Komisi Kesetaraan Nasional (K2N) KSBSI.

[HANDI/REDKBB]

- Advertisement -spot_imgspot_img
Must Read
Terbaru
- Advertisement -spot_imgspot_img
Baca Juga :