spot_img
spot_img
spot_img
BerandaBerita UtamaBI Bakal Terbitkan Uang Digital Rupiah, Pengamat Ingatkan Ini
Sabtu, Mei 4, 2024

BI Bakal Terbitkan Uang Digital Rupiah, Pengamat Ingatkan Ini

spot_imgspot_img

Kantorberitaburuh.com, JAKARTA – Bank Indonesia berencana merilis mata uang digital rupiah. Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Nailul Huda, mengatakan yang harus jadi perhatian adalah sejauh mana peran Bank Indonesia dalam mengatur lalu lintas uang tersebut.

Menurutnya karena BI dapat melihat pergerakan transaksi dari uang digital secara real time. Maka itu, lembaga tersebut harus diberikan batasan pengawasan.

“Ya misalkan untuk pengawasan pencegahan Pencucian Uang atau Terorisme enggak masalah, namun ketika semua diawasi bisa jadi “data” yang bisa dimanfaatkan oleh instansi/perusahaan lainnya,” kata Nailul Huda seperti dilansir CNBC Indonesia, Senin (31/5/2021).

Dia menjelaskan idealnya ada sejumlah negara yang bisa jadi patokan untuk jadi rujukan tentang uang digital. Misalnya Bank Sentral China dengan Digital Currency Electronic Payment (DCEP).

BACA JUGA  Ironis, 'Abaikan' Gaji Guru Honorer, Pemkab Bekasi Malah Bangun WC Rp96 Miliar

Selain itu yang harus jadi perhatian adalah kehandalan sistem dan regulasi untuk perlindungan data masyarakat. Menurutnya RUU Perlindungan Data Pribadi harusnya sudah sah sebelum uang digital itu diluncurkan.

Menurutnya sistem dan regulasi itu harus ada, agar meyakinkan masyarakat untuk menggunakan uang digital.

“Apakah memang sudah kuat secara sistem dan regulasi. Saya rasa keduanya (sistem dan regulasi) harus ada untuk dapat meyakinkan masyarakat bahwa uang digital ini aman digunakan. Mudah-mudahan kasus kebocoran data seperti BPJS Kesehatan kemarin tidak terjadi,” kata dia.

Menurutnya, uang digital ini penting utamanya agar tidak tertinggal lagi dalam teknologi keuangan. Selain itu juga menyesuaikan kondisi masyarakat menuju cashless society.

BACA JUGA  Perkuat Suara Pekerja Sawit dalam Standar Keberlanjutan RSPO

“Selain itu, uang digital juga relatif tidak mengeluarkan biaya untuk mencetak uang (baik kertas maupun koin). Jadi minim inflasi perlengkapan mencetak uang,” jelas Nailul Huda.

Pihak Bank Indonesia akhirnya mulai menjelaskan lebih lanjut soal mata uang digital rupiah itu. Saat ini BI sedang merumuskan pembuatan mata uang digital jika nanti dibutuhkan.

Produk mata uang digital ini akan dinamakan Digital Rupiah. Uang itu mewakili uang digital yang jadi simbol kedaulatan negara yang diterbitkan bank sentral serta jadi bagian kewajiban moneter. [CnbcIndonesia.com]

- Advertisement -spot_imgspot_img
Must Read
Terbaru
- Advertisement -spot_imgspot_img
Baca Juga :