spot_img
spot_img
spot_img
BerandaBerita UtamaZona Perang di Caracas, Polisi dan Gengster Baku Tembak
Selasa, Mei 14, 2024

Zona Perang di Caracas, Polisi dan Gengster Baku Tembak

spot_imgspot_img

Kantorberitaburuh.com, CARACAS – Gengster paling brutal di Venezuela terlibat baku tembak sengit dengan pasukan keamanan di negara itu. Sejumlah orang terluka dan beberapa diantaranya tewas mengenaskan.

Insiden itu menyebabkan, Pihak berwenang Venezuela menutup jalan-jalan di Caracas barat laut pada Kamis waktu setempat.

Pasukan keamanan terlibat baku tembak yang sengit dengan geng penjahat yang menurut para analis berusaha memperluas wilayah kendali mereka di Ibu Kota.

Kelompok kriminal bersenjata berat telah pindah dalam sebulan terakhir ke daerah perumahan dan komersial dari daerah kumuh di perbukitan kota, dan kekerasan telah meledak selama 24 jam terakhir dengan pertempuran senjata pecah di setidaknya lima lingkungan berpenduduk padat.

“Badan keamanan negara terus dikerahkan di daerah-daerah yang terkena dampak para penjahat ini,” tulis Menteri Dalam Negeri Venezuela Carmen Melendez di Twitter yang dikutip dari Reuters, lansir Sindonews, Jumat (9/7/2021).

BACA JUGA  Mengupas Perjuangan Serikat Pekerja Brasil Lindungi 5.000 Buruh Ford

Dia mengatakan beberapa jalan raya di daerah itu ditutup sebagai bagian dari operasi, dan mendesak anggota masyarakat untuk tinggal di rumah.

Pemerintah Presiden Nicolas Maduro belum menyebutkan korban jiwa akibat bentrokan tersebut. Aktivis hak asasi manusia di daerah itu mengatakan sedikitnya empat warga sipil tewas pada Rabu dan setengah lusin lainnya terluka.

Kementerian Informasi Venezuela tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Sejak Januari, geng-geng dari Barrio Cota 905 telah mencoba memperluas wilayah mereka ke daerah-daerah terdekat termasuk La Vega.

“Kami belum menjalankan dapur dengan kapasitas penuh sejak Januari karena baku tembak hampir setiap hari,” kata Amelia Flores (58) yang mengelola dua dapur umum, terutama untuk anak-anak, di daerah tersebut.

“Saya tidak tahu apa yang terjadi, tetapi dalam 24 jam terakhir situasinya meledak dan anak-anak trauma,” imbuhnya.

BACA JUGA  Perangi Kekerasan dan Pelecehan di Tempat Kerja

Seorang aktivis hak asasi manusia yang berbasis di salah satu lingkungan yang terkena dampak mengatakan gengster ingin menguasai salah satu koridor utama yang menghubungkan ibukota dengan bagian barat negara itu.

“Ini adalah konflik yang sama selama berbulan-bulan,” kata aktivis itu, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya.

Pengamat mengatakan geng-geng di Cota 905 telah dapat beroperasi dengan mudah karena telah menjadi zona larangan bagi pasukan keamanan karena perjanjian dengan pemerintah untuk mengurangi kekerasan. Para ahli mengatakan geng mengambil kesempatan untuk memperoleh senjata kelas militer seperti peluncur granat, senjata serbu, dan drone.

“Mereka menggunakan ruang yang diberikan pemerintah di Cota untuk mempersenjatai kembali, mendapatkan kekuatan, dan merencanakan serangan,” kata Alexander Campos, seorang peneliti di Universitas Pusat Venezuela yang mempelajari kekerasan dan politik di masyarakat.

BACA JUGA  Buruknya Standar Keselamatan Tewaskan 20 Buruh Garmen Mesir

“Mereka berkembang dari mengendalikan barrios di perbukitan ke bagian kota yang lebih rendah,” ujarnya.

“Ini sulit bagi mereka, tetapi mereka menang,” sambungnya.

Ines Candida (56) tinggal di lingkungan kelas menengah El Paraiso, tepat di seberang jalan raya dari barrio Cota 905. Dia mengatakan geng telah terlibat baku tembak dengan polisi setiap hari selama sebulan terakhir, tetapi dia tidak melihat atau mendengar hal seperti itu selama 24 jam terakhir.

“Kami adalah tahanan di rumah kami sendiri,” katanya melalui telepon, saat suara tembakan tak henti-hentinya terdengar di belakangnya.

Dihubungi melalui telepon di sebuah gereja di lingkungan El Cementerio terdekat di mana dia dan yang lainnya berlindung, pastor Katolik Wilfredo Corniel (45) mengatakan: “Rasanya seperti kita berada di zona perang.” [*/REUTERS/SINDO/REDKBB]

- Advertisement -spot_imgspot_img
Must Read
Terbaru
- Advertisement -spot_imgspot_img
Baca Juga :