spot_img
spot_img
spot_img
BerandaBerita UtamaKSBSI Gelar Kick Off Meeting L20, Airlangga Hartarto: Ditunggu Kiprahnya
Jumat, Mei 3, 2024

KSBSI Gelar Kick Off Meeting L20, Airlangga Hartarto: Ditunggu Kiprahnya

spot_imgspot_img

Kantorberitaburuh.com, JAKARTA – Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia menggelar acara “Kick Off Meeting Labour 20 (L20)” bertajuk “Recover Together Recover Stronger” di Hotel Luwansa hari ini, Senin 31 Januari 2022.

Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia yang hadir dalam acara tersebut mengatakan, L20 merupakan bagian dari region construct di Business 20 (B20) dan di G20 atau The Group of Twenty (G20) Finance Ministers and Central Bank Governors atau Kelompok Dua puluh Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral.

“Tentunya ini menjadi bagian penting karena isu dari ketenagakerjaan, ini menjadi sangat menonjol karena ada dua distruksi (pertama) terkait dengan digitalisasi, yang kedua dengan adanya pandemi covid,” kata Airlangga kepada Kantor Berita Buruh – Media KSBSI Digital Network disela-sela Kick Off Meeting L20 di Jakarta, Senin (31/1/2022).

“Tentu diharapkan kepemimpinan Indonesia bisa memberikan solusi, agar open update produk lapangan kerja dapat tercipta. Retraining dan reskilling bisa berjalan, sehingga dapat menurunkan pengangguran dan menciptakan lapangan kerja baru.” jelasnya.

BACA JUGA  Dampak Pandemi, Airbus Rugi Rp 18,6 Triliun Sepanjang 2020

Ia berharap, ada percontohan yang nantinya dapat direkomendasikan. “Tentu ada percontohannya yang bisa direkomendasi oleh negara-negara lain termasuk negara berkembang,” tandasnya.

KSBSI Sebagai Chair L20

Airlangga memberikan apresiasi kepada KSBSI yang ditunjuk sebagai Chair (Ketua Presidensi) pada L20 pada Oktober 2022 mendatang.

Ia mengatakan secara umum kepemimpinan L20 ini berada di G20 sehingga tentu leadership Indonesia di kancah internasional sangat ditunggu kiprahnya.

Diketahui, KSBSI adalah Chair atau Ketua Presidensi pada L20. Oleh karena itu, sebagai Ketua Presidensi, KSBSI menjadi wakil satu-satunya dari Serikat Buruh Serikat Pekerja di Indonesia yang mewakili kepentingan tenaga kerja di tingkat G20 dengan mempersatukan serikat pekerja dari negara-negara G20 dan Global Unions untuk memberikan masukan di KTT G20.

“Kami berharap bahwa masukan yang diberikan (buruh di Indonesia) bisa memberikan pencerahan kepada para pekerja di seluruh dunia.” tandasnya.

BACA JUGA  KSBSI: UU Cipta Kerja Dibahas di Sidang ILC, Jadi Sorotan Tajam Internasional

Selain dihadiri oleh Menteri Airlangga Hartarto dan Presiden KSBSI Elly Rosita Silaban, gelaran Kick Off Meeting L20 ini juga dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi, Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) KSBSI Rekson Silaban, Bendahara Umum KSBSI Rasmina Pakpahan, Ketua Umum Kadin M. Arsjad Rasjid PM, Ketua Umum Apindo Hariyadi B Sukamdani dan Wakil Ketua Umum Apindo Shinta Widjaja Kamdani dan tamu undangan dari Kantor Staf Presiden serta tamu undangan lainnya.

Kemudian ada juga Perwakilan dari KSPSI AGN, KSPSI Yorrys Raweyai, KSPN dan Ketua Umum Sarbumusi sementara dari KSPI tidak dapat hadir.

Juga ada 10 Pimpinan federasi afiliasi KSBSI, diantaranya: Ketua Umum dan sekjen DPP FSB Nikeuba Carlos Rajagukuguk dan Dwi Harto Hanggono, Ketua Umum dan Sekjen DPP FSB Kamiparho Supardi dan Sulistri, Ketua Umum FSB KIKES Binson Purba, dan Ketua Umum dan Sekjen DPP F Hukatan Nursanna dan Mathias Mehan.

BACA JUGA  Catatan Presiden KSBSI Tentang ILC ke-109: Dialog Sosial dan Pemulihan Ekonomi

Kemudian Presiden DPP F Lomenik Dedih Suhendi, Ketua Umum DPP FTA Effendi Lubis, Ketua Umum dan Sekjen DPP FPE Riswan Lubis dan Nikasi Ginting, Sekjen DPP FKUI Rosada (Jarot), Ketua Umum DPP FSB Garteks Ary Joko Sulistyo dan perwakilan dari DPP Fesdikari Markus Sidauruk.

Selain itu juga hadir Ketua Departemen Pemuda dan Lingkungan KSBSI Fredy Johannes Simbolon, Ketua Departemen Hubungan Internasional KSBSI Martua Raja Siregar, Ketua Departemen Riset, Pendidikan dan Pelatihan KSBSI Maria Emeninta, Ketua dan Sekretaris Departemen Media, Publikasi dan Database KSBSI Tunjang Waluyo dan Edy Irawan, Ketua Departemen (Federasi baru) Buruh Migran KSBSI Yatini Sulistyowati, ketua Komite Kesetraan Nasional KSBSI Emma Liliefna dan Ketua Pendidikan, pelatihan dan Pengembangan KSBSI Alson Naibaho. [REDHUGE/KBB]

- Advertisement -spot_imgspot_img
Must Read
Terbaru
- Advertisement -spot_imgspot_img
Baca Juga :