spot_img
spot_img
spot_img
BerandaInternasionalAsia PasifikKongres Bangkok: Carlos Rajagukguk Terpilih Jadi Sekjen WOW Asia
Kamis, Mei 2, 2024

Kongres Bangkok: Carlos Rajagukguk Terpilih Jadi Sekjen WOW Asia

spot_imgspot_img

Kantorberitaburuh.com, BANGKOK – World Organization Of Workes atau Organisasi Buruh Dunia (WOW) Asia menggelar Kongres untuk memilih perwakilan pengurus di wilayah Asia.

WOW adalah federasi serikat buruh Internasional dari serikat buruh nasional yang melindungi dan mempromosikan kepentingan buruh di sektor jasa.

Kongres dilakukan di Bangkok Thailand sejak tanggal 15 hingga 17 Maret 2023. Kongres ini di ikuti 15 delegasi perwakilan sebagai peserta Kongres dan 7 peninjau yang merupakan perwakilan serikat buruh negara-negara Asia. Seperti Bangladesh, Philipina dan Indonesia.

Delegasi Indonesia diwakili oleh Carlos Rajagukguk dan Bambang Sy delegasi dari Federasi Serikat Buruh Niaga, Informatika, Keuangan, Perbankan dan Aneka Industri (FSB NIKEUBA) afiliasi Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) sebagai peserta Kongres dan Riswan Lubis serta Nikasi Ginting perwakilan dari Federasi Pertambangan dan Energi, juga afiliasi KSBSI sebagai peninjau.

BACA JUGA  Tim Advokasi NIKEUBA Batu Bara Laporkan Inalum dan Mitra Outsourcingnya ke Komnas HAM

Hasil Kongres menyepakati W Lucero dari Philipina terpilih sebagai Presiden dan Carlos Rajagukguk terpilih sebagai Sekretaris Jenderal WOW Asia.

Carlos Rajagukguk, Ketua Umum DPP FSB NIKEUBA KSBSI mengatakan, setelah dirinya kembali terpilih sebagai Sekjen WOW Asia, ada beberapa agenda program yang harus segera dikerjakan. Diantaranya, rutin membuat pertemuan tahunan untuk membahas isu ketenagakerjaan dari negara-negara anggota.

“Kemudian isu-isu ketenagakerjaan dari setiap anggota negara dari WOW Asia nantinya akan kami perjuangkan di agenda pertemuan International Labour Conference (ILC),” kata carlos dalam keterangan resmi yang dikutip Kantor Berita Buruh dari Media Jejaring KSBSI.ORG, Minggu (19/3/2023).

Selain itu, kata Carlos, program yang bakal dikerjakan adalah mengajak perwakilan serikat buruh di negara-negara Asia lainnya yang belum bergabung supaya menjadi anggota WOW Asia.

BACA JUGA  Lakukan Konsolidasi di Indonesia, WOW Asia Kunjungi DPP K Sarbumusi

Ia mengatakan, akan bekerja keras untuk melobi serikat yang belum bergabung seperti dari Sri Lanka, Nepal serta negara lainnya di wilayah Asia. “Kami telah berkomitmen bekerja keras dan konsisten melakukan konsolidasi internal,” tutupnya.

[ANDREAS/REDKBB]

- Advertisement -spot_imgspot_img
Must Read
Terbaru
- Advertisement -spot_imgspot_img
Baca Juga :