spot_img
spot_img
spot_img
BerandaBerita UtamaSyarat Indonesia Jadi Negara Maju, Gaji Pekerja Minimal Rp 10 Juta
Minggu, Mei 5, 2024

Syarat Indonesia Jadi Negara Maju, Gaji Pekerja Minimal Rp 10 Juta

spot_imgspot_img

Kantorberitaburuh.com, JAKARTA – Indonesia sulit menjadi negara maju jika daya beli buruh dan pekerja tak mengalami peningkatan. Saat ini buruh masih jauh dari kata sejahtera dengan serapan daya beli yang rendah, dan peningkatan daya beli sangat tergantung dengan upah minimum yang ditentukan pemerintah.

Padahal, Pemerintah Indonesia saat ini sudah mencita-citakan menjadi negara maju pada 2045 mendatang. Se-iring dengan bonus demografi. Namun untuk mencapai itu, salah satu syaratnya adalah pendapatan per kapita warga Indonesia tentu harus terdongkrak.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, syarat menjadi negara maju harus mempunyai gaji buruh dan pekerja minimal Rp 10 juta, sementara upah minimum regional (UMR) tertinggi di Tanah Air kini hanya mencapai Rp 5.176.179 di Kabupaten Karawang.

BACA JUGA  KSBSI Terima Kunjungan Naker dan KADIN, Ini yang Dibahas

Menurutnya, sebelum menjadi negara maju, Indonesia harus terlebih dahulu lepas dari negara berpenghasilan rendah.

“Di tahun 2030 ini kita berharap bahwa kita bisa mencapai negara berpenghasilan menengah atau lepas dari middle income trap, di mana Indonesia merencanakan pertumbuhan GDP kita per income per kapita itu di atas (USD) 10.000 dia di atas tahun 2030,” kata Airlangga saat HSBC Summit di Jakarta, seperti dilansir KUMPARAN.COM, dikutip Kamis (12/10/2023).

Pendapatan per kapita Indonesia saat ini berada di USD 4.700. Airlangga memprediksi pertumbuhan ekonomi pada 2024 antara 5 persen sampai 5,5 persen. Ia menyebut dari angka itu pertumbuhan income per kapita bisa mencapai USD 5.500. Pendapatan tersebut ditargetkan terus naik.

BACA JUGA  Bagaimana Orang Rusia Bertahan Hidup Setelah Kehilangan Pekerjaan karena Corona?

“Saya barusan mensurvei ruangan ini. Dan dari hasil survei saya income per kapita di ruangan ini semuanya di atas (USD) 10.000. Jadi kita enggak usah jauh-jauh kita mau Indonesia seperti di ruangan ini di tahun 2030,” ujar Airlangga.

Airlangga mengungkapkan untuk menjadi negara maju setelah 2030, maka pendapatan per kapita juga harus ditingkatkan. Ia menyebut minimal gaji yang didapatkan pekerja Indonesia harus mencapai Rp 10 juta per bulan untuk mendukung Indonesia menjadi negara maju.

“Artinya apa kita harus mencari pekerjaan yang kalau kita income per kapitanya sekitar (USD) 10.000 atau Rp 150 juta, berarti minimum income kita itu sekitar Rp 10 juta per bulan,” ungkap Airlangga.

BACA JUGA  Tingkatkan SDM, FSB GARTEKS Gelar Training Lobby dan Advokasi Untuk Paralegal

“Nah ini yang harus dicari sektor industri apa yang bisa membayar salary di Rp 10 juta artinya apa, kita harus naik industrinya,” ujarnya.

[*/REDKBB]

- Advertisement -spot_imgspot_img
Must Read
Terbaru
- Advertisement -spot_imgspot_img
Baca Juga :