spot_img
spot_img
spot_img
BerandaBerita UtamaSerikat Pekerja Turki Menang Perundingan Lawan Manajemen Produsen Xiaomi
Sabtu, Mei 4, 2024

Serikat Pekerja Turki Menang Perundingan Lawan Manajemen Produsen Xiaomi

spot_imgspot_img

Kantorberitaburuh.com, TURKI – Serikat pekerja di Turki berhasil memenangkan perselisihan hubungan industrial melawan manajemen dari Salcomp Turki, perusahaan yang memproduksi Smartphone atau ponsel pintar ketiga terbesar di dunia, Xiaomi.

Perselisihan hubungan industrial terjadi ketika Salcomp Turki, memecat 170 pekerja karena bergabung dengan serikat pekerja. Anggota serikat segera mengambil tindakan dengan melakukan aksi unjuk rasa memprotes kebiajakan Manajemen.

Setelah enam hari, Salcomp setuju untuk mempekerjakan kembali semua pekerja yang diberhentikan.

Bulan lalu, para pekerja di Salcomp memutuskan untuk bergabung dengan afiliasi IndustriALL Global Union, Turk Metal.

Sebagai imbalannya, manajemen perusahaan meluncurkan kampanye penghilangan serikat pekerja; pekerja diintimidasi, diancam dan 170 anggota serikat pekerja diberhentikan. Sekitar 80 persen pekerja yang diberhentikan adalah perempuan.

BACA JUGA  Produsen Xiaomi Diduga Langgar Hak Pekerja di Turki

Ketika para pekerja memprotes pembubaran serikat pekerja di halaman perusahaan, manajemen merespons dengan mengunci semua pintu.

Menurut laporan, pekerja di dalam pabrik tidak diizinkan menggunakan toilet dan dilarang menggunakan ponsel mereka, memutus komunikasi dengan pekerja lain.

Tapi setelah enam hari protes membuahkan hasil. Manajemen Salcomp setuju untuk mempekerjakan kembali semua anggota serikat yang dipecat, menarik diri dari gugatan yang menantang sertifikat PKB yang dikeluarkan oleh Kementerian Tenaga Kerja dan memulai negosiasi perundingan bersama pada 1 Oktober.

“Ketika kita bersatu, kita menang. Berkat tindakan yang diambil dan perhatian dari solidaritas internasional, hak buruh untuk berorganisasi telah diakui,” kata Pevrul Kavlak, presiden Türk Metal dan anggota Komite Eksekutif IndustriALL seperti dikutip Kantor Berita Buruh dari situs resmi Industriall-union.org, Kamis (23/9/2021).

BACA JUGA  IndustriALL Global Union Kutuk Kudeta Militer di Myanmar, Serukan Penghormatan Terhadap Konstitusi

“Kami mengucapkan selamat kepada Türk Metal dan anggotanya atas kemenangan serikat ini, dan menyambut komitmen perusahaan untuk terlibat dalam dialog sosial yang tulus,” kata Atle Høie, sekretaris jenderal IndustriALL.

Xiaomi adalah perusahaan elektronik multinasional yang didirikan pada April 2010 dan berkantor pusat di Beijing. Xiaomi membuat berbagai macam produk elektronik, seperti smartphone, laptop, peralatan rumah tangga, dan elektronik konsumen. [*/REDKBB]

- Advertisement -spot_imgspot_img
Must Read
Terbaru
- Advertisement -spot_imgspot_img
Baca Juga :