spot_img
spot_img
spot_img
BerandaBerita UtamaOrganisasi Perusahaan Alkes dan Laboratorium, Gakeslab Indonesia DKI Jakarta Resmi Dikukuhkan
Jumat, Mei 3, 2024

Organisasi Perusahaan Alkes dan Laboratorium, Gakeslab Indonesia DKI Jakarta Resmi Dikukuhkan

spot_imgspot_img

Kantorberitaburuh.com, JAKARTA – GAKESLAB Indonesia, Perkumpulan Organisasi Perusahaan Alat-alat Kesehatan dan Laboratorium di Indonesia secara resmi menggelar agenda Pelantikan Pengurus Gakeslab Indonesia Provinsi DKI Jakarta Antar waktu Periode 2023-2025.

Sebelumnya, Gakeslab DKI Jakarta dipimpin oleh, Raden Kartono Dwidjosewojo periode 2021-2015. Kemudian, Kartono Dwidjosewojo terpilih menjadi Ketua Umum Gakeslab Indonesia. Sehingga dilakukanlah pergantian antar waktu dimana jabatan Ketua Gakeslab DKI Jakarta digantikan oleh Andri Noviar.

Saat pelantikan, Ketua Gakeslab DKI Jakarta, Andri Noviar mengucapkan selamat kepada para pengurus terpilih yang dilantik dan sama-sama pengemban tugas.

Andri mengatakan, anggota Gakeslab DKI Jakarta yang tercatat per Desember 2023 berjumlah 528 perusahaan, terdiri dari 54 perusahaan PMA, 390 perusahaan pemegang NIE dan 84 perusahaan non NIE.

“Syukur Alhamdulillah saya bisa berdiri disini, dihadapan bapak ibu sekalian, untuk melanjutkan kepemimpinan Bapak Kartono sebagai Ketua Gakeslab DKI sampai dengan akhir masa jabatan pada Desember 2025 yang akan datang, Insya Allah.” kata Andri Noviar saat memberikan sambutan pada acara pelantikan yang digelar di Mercure Hotel, Jl. Gatot Soebroto, Jakarta Selatan, Kamis (18/1/2024).

Tentunya, kata Andri, dalam mengemban tanggung jawab tersebut, Ia membutuhkan dukungan dari semua pihak, terutama dukungan dan kebersamaan dari semua pengurus Gakeslab DKI.

Program Kerja 23 Bulan

Dalam waktu kurang lebih 23 bulan ke depan, Andri menegaskan yang akan dikerjakan Gakeslab DKI adalah:

Pertama, Industri alat Kesehatan (Alkes) telah ditetapkan menjadi sektor-sektor strategis dalam penerapan industri 4.0. “Ketika Covid-19 masuk ke tanah air, permintaan terhadap alat kesehatan sangat tinggi dan pemerintah memasukkan ke dalam sektor prioritas dalam ‘Making Indonesian 4.0′” terangnya.

BACA JUGA  Sidang MK, Keterangan Ahli: UU Cipta Kerja Cacat Hukum

Menurut Andri, sektor industri alat kesehatan masuk dalam kategori ‘high demand’ di tengah pandemi Covid-19. Oleh karena itu, pemerintah terus berupaya meningkatkan daya saing sektor industri alat kesehatan dengan mendorong transformasi teknologi berbasis digital. Pemanfaatan teknologi digital dimulai dari tahapan produksi hingga distribusi kepada konsumen.

Ia memaparkan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah membuat sebuah ‘Road Map’ atau Peta Jalan untuk mengakselerasi perkembangan industri alat kesehatan menuju industri 4.0 dan sejalan dengan program Making Indonesia 4.0.

“Kita akan melanjutkan melanjutkan program-program yang sudah ada sebelumnya dan akan melakukan diskusi dan evaluasi berkala terhadap efektifitas serta ‘feedback-nya’ terhadap Gakeslab DKI beserta seluruh stake holder-nya.” jelasnya.

Kedua, kata Andri, bagaimana Gakeslab bersama-sama dapat membantu atau mendorong peningkatan produksi nasional. Salah satu caranya adalah dengan kolabarasi dengan sesama industri alat kesehatan serta asosiasi industri alat kesehatan sehingga terciptanya ekosistem yang baik.

“Ketiga, adanya kolaborasi antara industri alat kesehatan dalam negeri dengan distributor alat kesehatan. Tujuan dari kolaborasi tersebut adalah agar kita sebagai pelaku industri alat kesehatan dalam negeri bisa saling support untuk dapat memasarkan alat kesehatan di dalam negeri.” terang Andri.

Sementara untuk yang masih import, Andri menegaskan, Gakeslab akan memfasilitasi dengan industri alat kesehatan dalam negeri. “Agar dapat menjalin kerjasama dan sinergitas, agar kedua belah pihak bisa selaras dengan kepentingan nasional.” tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Andri menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Ketua sebelumnya, Kartono Dwidjosewojo yang telah menjalankan Gakeslab DKI dengan baik.

BACA JUGA  Amerika Dilanda Mogok Massal Karyawan Perguruan Tinggi Terbesar dalam Sejarah

“Saya atas nama pribadi, atas nama Seluruh Pengurus Gakeslab DKI Periode (2021-2025) menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bapak Kartono Dwidjosewojo yang telah bahu-membahu bersama jajarannya menjalankan Gakeslab DKI Jakarta selama kurang lebih 1 tahun 8 bulan, sebelum beliau tepilih dan dilantik menjadi Ketua umum GAKESLAB Indonesia Periode 2023-2027,” tandasnya.

Menariknya, Andri menutup sambutannya dengan beberapa bait pantun sebagai penyemangat bagi Kepengurusan Gakeslab DKI Jakarta. “Kapalku siap berlayar, Awakku bersiap angkat jangkar.. Mari maju tak gentar, agar Galeslab DKI makin berkibar..!!!” tutupnya.

Pelantikan ini dihadiri oleh Direktur Produksi dan Distribusi Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan BP Dede Mulyadi SKM M.Kes CRMP, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta diwakilkan Purwadi S.Kep.M.kep Sp.Kom, Kepala BPAFK DKI Jakarta, yang diwakilkan oleh Marlina.

Kemudian, selain Ketua Umum Gakeslab Indonesia RD Kartono Dwidjosewojo, hadir juga Ketua ASPAKI Imam Subagyo, Ketua AIGMI diwakili sekjen sofi dan devi
Ketua Alfakes Adi Kabid. Laboratorium dan Diagnostik Drs. Sudirman MM dan Pengurus Gakeslab Indonesia Provinsi DKI Jakarta.

Sedangkan Ketua Pelaksana Acara Pelantikan Pengurus Gakeslab Indonesia Provinsi DKI Jakarta Antar waktu Periode 2023-2025 adalah Akmal Fauzan.

Tentang GAKESLAB

Gakeslab Indonesia adalah Perkumpulan Organisasi Perusahaan Alat-alat Kesehatan dan Laboratorium di Indonesia. Gakeslab Indonesia telah mendapatkan pengakuan dari Kementerian Kesehatan sebagai perkumpulan organisasi perusahaan alat-alat kesehatan dan laboratorium resmi di Republik Indonesia.

Lahirnya Gakeslab Indonesia

Pada 6 Mei 1977 dibentuklah Gabungan Perusahaan Alat-Alat Kesehatan dan Laboratorium setelah beberapa kali diadakan pertemuan antara Departemen Kesehatan dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan pihak kalangan pengusaha pemegang izin Penyalur Alat Kesehatan (PAK) dan Pedagang Besar Alat Kesehatan (PBAK).

BACA JUGA  Kongres FPE Ke-VI Usung Sosial Dialog dan Kesejahteraan Anggota

Gakeslab Indonesia di syahkan oleh Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Pada 1 January 1984 Disahkan Berdirinya Gakeslab DKI Jakarta

Visi Gakeslab Indonesia

Menjadikan Gakeslab Indonesia sebagai asosiasi yang bermartabat dan mampu memberi makna pada pembangunan kesehatan melalui bisnis Alat kesehatan dan Laboratorium di Indonesia.

Misi Gakeslab Indonesia

Mendorong anggota untuk menjadi profesional yang berkapasitas dan berintegritas. Menjadikan Gakeslab sebagai organisasi yang bermanfaat bagi anggota. Menempatkan Gakeslab sebagai asosiasi yang memiliki hubungan komunikasi yang setara dengan Pemerintah.

Susunan Pengurus GAKESLAB Provinsi DKI Jakarta.

1. dr. Yan Herman selaku Ketua Dewan Penasehat.
2. Tubagus Mualif selaku Wakil Ketua Dewan Penasehat.
3. Andri Noviar selaku Ketua.
4. Adhiarto selaku Wakil Ketua II.
5. Josephine Marpaung selaku Wakil Ketua II.
6. Ridwan Saleh selaku Sekretaris.
7. Kreuz Septian selaku Wakil Sekretaris.
8. Kharisma Hamzah selaku Bendahara.
9. Siti Schinta Suciwati selaku Wakil Bendahara.
10. William Salim selaku Ketua Bid. Organisasi dan Umum.
11. Ririt Purwanti selaku Ketua Bid. Regulasi, Kelembagaan dan Perumusan Strategi.
12. Akmal Fauzan selaku Ketua Bid. Industri / Produksi.
13. Yudi Hartono selaku Ketua Bid. Perdagangan, Purna Jual dan Jasa Lain
14. Rudi Lesmana selaku Ketua Bid. Laboratorium dan Diagnostik.

[*/REDKBB]

- Advertisement -spot_imgspot_img
Must Read
Terbaru
- Advertisement -spot_imgspot_img
Baca Juga :