spot_img
spot_img
spot_img
BerandaBerita UtamaValter Sanches: Selamat Datang di Pekerja Global
Jumat, Mei 3, 2024

Valter Sanches: Selamat Datang di Pekerja Global

spot_imgspot_img

Oleh: Valter Sanches, Sekretaris Jenderal IndustriALL Global Union

SUDAH LEBIH dari setahun sejak sebagian besar dunia terhenti karena hidup kita diatasi oleh pandemi Covid-19. Virus ini masih mendatangkan malapetaka, dan rawat inap serta kematian terus berlanjut. Pada saat kami menutup edisi ini, dunia menghitung lebih dari 140 juta kasus dan lebih dari 3 juta kematian. Konsekuensi sosial mengikuti dengan penghapusan lebih dari 300 juta pekerjaan formal dan 1,6 juta pekerjaan informal.

Pekerja Global No 1 Mei 2021

Meskipun vaksinasi telah dimulai, peluncurannya lambat dan tidak seimbang. IndustriALL mendukung pengabaian TRIPS sementara untuk vaksin di WTO, seperti yang diusulkan oleh India dan Afrika Selatan dan didukung oleh WHO. Dengan penangguhan sementara hak paten, ratusan unit farmasi di seluruh dunia dapat dengan cepat dikembalikan dan ditambahkan ke upaya global produksi vaksin. Kita harus melanjutkan pendirian yang kuat untuk orang sebelum mendapatkan keuntungan. Akses yang adil dan merata ke vaksin sangat penting untuk mengatasi pandemi dan untuk kesehatan serta keselamatan anggota kami.

BACA JUGA  Mogok Massal Buruh Tambang Myanmar, Kerugian Besar bagi Junta

Telework telah berkembang pesat selama pandemi dan akan tetap ada. Bagi beberapa pekerja, ini merupakan pengalaman yang positif tetapi bekerja dari jarak jauh dalam jangka waktu yang lama juga mengungkapkan keterbatasan dan risiko. IndustriALL membuka konsultasi untuk panduan untuk menasihati afiliasi kami dalam negosiasi untuk memastikan bahwa pekerja mendapatkan keuntungan dari teleworking sambil menghindari potensi jebakan

Kami terus mendukung serikat kami saat mereka berjuang untuk melindungi kesehatan, keselamatan, pekerjaan, dan pendapatan anggotanya. Pada 28 April tahun ini, saat kita memperingati Hari Peringatan Pekerja Internasional (IWMD), sebuah kesempatan untuk mengenang semua pekerja yang kehilangan nyawa di tempat kerja karena gangguan kesehatan dan keselamatan kerja, gerakan serikat pekerja global membuat kasus ini agar kesehatan dan keselamatan kerja diakui oleh ILO sebagai hak fundamental di tempat kerja, bersama dengan delapan konvensi hak-hak dasar lainnya. Hal ini dapat berkontribusi untuk meningkatkan derajat perlindungan dan cakupan kelembagaan melalui perjanjian perundingan bersama.

BACA JUGA  Industri 4.0 Bakal Merubah Budaya Kerja dan Sistem Upah

Serikat pekerja membuat perbedaan. Asosiasi Pekerja Umum dan Daur Ulang Kapal Alang Sosiya (ASSRGWA) adalah contoh sukses dalam mengorganisir pekerja sektor informal India . Serikat pekerja telah berkontribusi untuk meningkatkan upah, langkah-langkah jaminan sosial dan kesehatan dan keselamatan kerja bagi pekerja pembuat kapal.

Beberapa pemerintah mengambil keuntungan memutar dari pandemi untuk merebut kekuasaan dan demokrasi seperti di Belaurs, Filipina, dan Myanmar. Rakyat Myanmar, yang dipimpin oleh serikat pekerja berdiri di Gerakan Pembangkangan Sipil (CDM) melawan rezim militer yang menggulingkan pemerintah yang dipilih secara demokratis dalam kudeta 1 Februari. Dalam wawancaranya, presiden IWFM Khaing Zar menyerukan dukungan internasional untuk perjuangan mereka.

Afiliasi kami Industrial Chile-Constramet dinyatakan ilegal selama kediktatoran Pinochet pada 1970-an, tetapi merayakan 40 tahun membela hak-hak pekerja pada Desember tahun lalu. Bersama dengan CUT pusat nasional Chili, Constramet sekarang mengkampanyekan hak pekerja untuk ditingkatkan dalam konstitusi baru.

BACA JUGA  Departemen Buruh Migran KSBSI: Indonesia Wajib Ratifikasi Konvensi 190

Meskipun pandemi ini belum berakhir, kami akan terus menuntut akses yang adil terhadap vaksin, untuk membela hak-hak pekerja, dan untuk memastikan hak pekerja atas kesehatan dan keselamatan, pekerjaan dan pendapatan. (*)

*Sumber Publish: IndustriALL-Union.org

- Advertisement -spot_imgspot_img
Must Read
Terbaru
- Advertisement -spot_imgspot_img
Baca Juga :