spot_img
spot_img
spot_img
BerandaBerita UtamaKSBSI Jateng dan Aliansi Buruh Siapkan Aksi Tuntut Kenaikan UMP 2022
Jumat, Mei 3, 2024

KSBSI Jateng dan Aliansi Buruh Siapkan Aksi Tuntut Kenaikan UMP 2022

spot_imgspot_img

Kantorberitaburuh.com, JAWA TENGAH – Ribuan buruh dari Aliansi Buruh Jawa Tengah (Jateng) siap turun ke jalan untuk mendesak Gubernur Ganjar Pranowo menaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) Tahun 2022.

“Unjuk rasa akan dilakukan dalam waktu dekat ini,” kata Toto Susilo Sekretaris Koordinator Wilayah Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (Sekwil KSBSI) Jawa Tengah.

Toto mengatakan bahwa upah buruh di Jawa Tengah pada umumnya masih jauh dari layak. Padahal, wilayah ini sedang menuju daerah industri. Oleh sebab itulah, aktivis serikat buruh memutuskan membuat aliansi, menyatukan pendapat, bahwa buruh berhak mendapatkan upah dan kesejahteraan yang layak.

“Sebelum melakukan aksi demo, rencananya tanggal 4 bulan ini kami akan melakukan audiensi dengan Ganjar Pranowo. Sebab tanggal 5 November besok kabarnya akan turun Surat Keputusan (SK) UMP 2022,” terang Toto dalam keterangan resmi yang dipublish di Media Jejaring Kantor Berita Buruh, KSBSI.ORG, Senin (1/11/2022).

BACA JUGA  Korwil KSBSI Kalteng Pimpin Ratusan Buruh Demo PT MSAL

Menurutnya, berdasarkan hasil rapat Aliansi Buruh Jawa Tengah, diputuskan pada 15 sampai 19 November buruh akan melakukan demo serentak. Dengan tuntutan kenaikan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK). Karena SK UMK kabarnya akan terbit tanggal 20 November 2021.

Toto mengatakan buruh menuntut kenaikan UMP dan UMK sebesar 16 persen. Sejauh ini, pihaknya masih terus melakukan upaya komunikasi dengan orang dalam Ganjar Pranowo, agar bisa berdialog.

“Kabarnya pak Ganjar Pranowo sudah mengetahui gerakan Aliansi Buruh Jawa Tengah yang kami bangun untuk melakukan aksi demo. Tapi kemungkinan beliau belum tahu tentang rencana aksi demo buruh yag bakal dilakukan. Mudah-mudahan tanggal 4 ini kami bisa diterima audiensi Gubernur Jawa Tengah dan menerima aspirasi buruh,” ungkapnya.

BACA JUGA  Lagu Indonesia Raya Dipelesetkan Kata Cacian, Burung Garuda Diubah Ayam, Dikencingi, Biadab!

Ia menjelaskan, rencana aksi demo akan dilakukan di depan Kantor Gubernur Jawa Tengah. Karena tanda tangan SK UMK memang di tempat Ganjar Pranowo beraktivitas kerja. Untuk esitmasi massa buruh yang akan demo, dia belum memastikan berapa peserta aksi yang akan diturunkan.

“Nanti kami putuskan berapa jumlah peserta aksi demo buruh setelah terjadi audiensi dengan pak gubernur,” ujarnya.

Aliansi Buruh Jawa Tengah yang berencana melakukan aksi demo kenaikan upah 2022 diantaranya, KSBSI Jawa Tengah, KASBI Jawa Tengah, SP-PUGB, SP-FARKES, FS-PLN, FSPIP KASBI, SPN, FS PIN, FSPMI, SERBUK Jateng, SBMCC, SPMLM Jateng, YLBHI-LBH Jateng.

[*/REDKBB]

- Advertisement -spot_imgspot_img
Must Read
Terbaru
- Advertisement -spot_imgspot_img
Baca Juga :