spot_img
spot_img
spot_img
BerandaBerita UtamaKeamanan Siber Indonesia Lemah Berada di Bawah Uganda
Jumat, Mei 3, 2024

Keamanan Siber Indonesia Lemah Berada di Bawah Uganda

spot_imgspot_img

Kantorberitaburuh.com, JAKARTA – Baru-baru ini Kabar mengejutkan diungkap media asing ‘The Record By Recorded Future’, sebuah media yang khusus mengungkap peristiwa atau catatan penting tentang keamanan siber di banyak negara dunia.

The Record menyebut, Hacker China telah menembus jaringan internal setidaknya sepuluh kementerian dan lembaga pemerintah Indonesia, termasuk komputer dari badan intelijen utama Indonesia, Badan Intelijen Negara (BIN).

Belum diketahui apakah ada data yang berhasil diambil dan berapa kerugian yang ditimbulkan atas “pembobolan” atau Penyusupan itu. Namun begitu, kasus ini hanya satu dari banyaknya kasus bobolnya data siber akibat lemahnya tingkat keamanan sistem siber Indonesia.

Untuk itu, The National Cyber Security Index yang dikembangkan oleh e-Governance Academy Foundation yang bermarkas di Estonia menyebutkan tingkat keamanan siber Indonesia berada di bawah Nigeria dan Uganda.

Di Asia Tenggara, Indonesia bahkan tertinggal jauh dari Singapura dan Malaysia. Dari 160 negara, Indonesia berada pada posisi 77. Nigeria sendiri menempati posisi 51 serta Uganda menempati posisi 57.

BACA JUGA  Konfercab Kamiparho DKI Jakarta Siap Di Gelar, Simak Detailnya

Indozone.id melansir sebelumnya, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menyebut Indonesia berada di posisi 24 untuk Global Cyber Security Index (GCI).

Indeks keamanan siber nasional (NCSI) sendiri adalah indeks global yang mengukur kesiapan suatu negara dalam mencegah ancaman siber dan menghadapi insiden siber. Sedangkan GCI adalah referensi terpercaya yang mengukur seberapa besar kontribusi sebuah negara terhadap keamanan siber dunia.

Meski Indonesia tertinggal pada NCSI, namun dalam GCI, Indonesia menempati posisi lebih baik dari Nigeria yang menempati posisi 47 serta Uganda di posisi 72.

Singapura sendiri tercatat sebagai negara di Asia Tenggara yang memiliki tingkat paling aman soal keamanan siber dengan ada di posisi 16. Singapura mendapat skor indeks sebesar 80,52 bahkan lebih unggul dari AS yang ada di posisi 17.

BACA JUGA  Dirut BPJS Ketenagakerjaan Ungkap Dana JHT Diinvestasikan ke SUN

Negara yang didapuk jadi negara dengan keamanan siber teraman adalah Yunani dengan skor 96,10, disusul oleh Republik Ceko, Estonia dan Portugal yang masuk dalam 4 besar.

NCSI menyusun daftar negara dengan tingkat keamanan siber berdasarkan 5 tahapan yakni identifikasi kapasitas dan ukuran keamanan siber, pengembangan indikator keamanan siber, pengelompokan indikator keamanan siber, identifikasi ancaman siber level nasional, dan pemilihan aspek penting dan terukur.

Perlu Ada Aturan Perlindungan Data

Sementara itu, Pratama Persada, Pakar Keamanan Siber CISSREC, dalam Sapa Indonesia Malam Kompas TV, Senin (13/9/2021) mengatakan, sistem keamanan siber Indonesia masih lemah, dan perlu adanya payung hukum berupa undang-undang untuk memaksa penyelenggara sistem elektronik mengamankan sistemnya, demi menjaga kerahasiaan data pelanggan atau pengguna.

Pratama menjelaskan, hacker memiliki tujuan yang beragam. Ada yang bertujuan untuk mencari uang, dan ada yang khsusus mencari data.

BACA JUGA  Cara Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial

Per hari ini, kata Pratama ada 33.782 domain go.id yang diretas, ada 8800 IP adress yang berhasil diretas, dan 25 ribu lebih diubah tampilannya.

“Bisa kita tarik kesimpulan bahwa domain go.id itu lemah sekali. Ada yang dari LIPI, Dumai Kota, Kejari Kebumen, Wonosobo Kabupaten, coba dicek itu. Itu semua terekspose sistemnya,” kata Pratama, lansir Kompas.

Jika tidak diantisipasi dengan aturan yang memaksa pemilik platform untuk mengamankan sistemnya, kebocoran pasti akan terus terjadi.

“Contohnya BPJS Kesehatan, yang disimpan adalah data masyarakat, bocor datanya. Sama negara enggak diapa-apain.”

Menurutnya, Indonesia memerlukan undang-undang perlindungan data pribadi. Undang-undang itulah yang nantinya bisa memaksa penyelenggara sistem elektronik mengamankan sistemnya. [*/REDKBB]

- Advertisement -spot_imgspot_img
Must Read
Terbaru
- Advertisement -spot_imgspot_img
Baca Juga :