spot_img
spot_img
spot_img
BerandaBerita UtamaMotor Ural: Masyhur di Negeri Orang, ‘Melempem’ di Negeri Sendiri
Minggu, Mei 5, 2024

Motor Ural: Masyhur di Negeri Orang, ‘Melempem’ di Negeri Sendiri

spot_imgspot_img

Kantorberitaburuh.com, MOSKOW – Sebuah pabrik kecil di luar Kota Moskow memproduksi lima hingga enam sepeda motor bersespan per hari. Bintang-bintang top dunia, seperti Brad Pitt dan Steven Tyler, pernah menunggangi kuda besi ini. Anehnya, ia malah tak laku di negeri sendiri.

Di salah satu sudut Kota California, AS, sebuah sepeda motor gandeng berwarna merah melaju kencang bak adegan dalam film-film klasik. Motor itu ditunggangi oleh seorang pria besar berjanggut dan temannya, seekor anjing bernama Gracie yang duduk manis di sampingnya, di sespan. Gracie memang tak memakai helm. Meski begitu, ia memakai kaca mata khusus. Anjing itu berusia delapan tahun dan ia kelihatannya sudah terbiasa duduk tegak di kursinya tanpa gelisah.

“Hai Gracie, mau terbang?” tanya pria itu sambil memiringkan sepeda motornya ke satu sisi dan terus melaju. Awalnya, Gracie agak cemas, tetapi dia tampak sangat bersemangat.

Begitulah bagaimana Gracie menghabiskan waktunya berjalan-jalan dengan Ural, sepeda motor Rusia paling terkenal di dunia, kecuali di Rusia itu sendiri!

Krisis Sepeda Motor Militer

Penduduk Irbit, sebuah kota kecil di Sverdlovskaya oblast, tak pernah kehabisan akal supaya tetap sibuk. Sejak kota itu didirikan pada 1631, pameran dagang biasa digelar di seluruh kota. Pada 1930-an, kota ini berubah menjadi kota industri. Pada awalnya, sebuah pabrik diatomit (deposit kersik, terdiri atas sisa mikroorganisme tumbuhan diatom) dibangun untuk memproduksi batu bata. Lama-kelamaan, muncul pabrik pembuatan mesin untuk mengekstrak gambut.

Selama Perang Patriotik Raya, pabrik sepeda motor yang sebelumnya berada di Moskow dipindahkan ke Irbit, di kompleks pembuatan bir.

“Unit militer pertama tiba pada 21 November 1942, dan pada Februari, unit tersebut meninggalkan Irbit dengan sepeda motor,” kata Direktur Museum Sepeda Motor Nasional Irbit Aleksandr Bulanov dalam sebuah wawancara dengan TASS.

Semasa perang, lebih dari 9.000 sepeda motor diproduksi di Irbit. Awalnya, kendaraan ini digunakan oleh militer dan dinamai M-72. Terinspirasi dari nama salah satu wilayah geografis Rusia yang luas, sepeda motor ini berganti nama menjadi Ural pada 1962. Nama inilah yang kemudian dikenal luas di Uni Soviet dan di luar negeri.

BACA JUGA  Tetapkan UMK 2022 Se-Jawa Barat, Ridwan Kamil Gunakan PP 36
Produksi sepeda motor Ural di Pabrik Sepeda Motor Irbit (IMZ), Sverdlovskaya oblast. (TASS)

Sebelum 1990-an, Pabrik Sepeda Motor Irbit (IMZ) mampu memproduksi 130 ribu sepeda motor per tahun untuk warga Soviet dengan sekitar 10 ribu karyawan. Setelah Uni Soviet bubar, pabrik itu dilanda krisis. Namanya berubah beberapa kali, tetapi pada awal abad ke-21, pabrik legendaris itu gulung tikar.

Kakha Bendukidze, pemilik IMZ pada 1998, memutuskan untuk menjual pabrik itu. Namun, satu-satunya yang bersedia membelinya adalah tiga manajer senior pabrik saat itu.

“Saya dan dua kolega saya, Vadim Tryapichkin dan Dimitri Lebedinski,” kata Ilya Khait, salah satu pemilik pabrik Ural saat ini dalam sebuah wawancara dengan Afisha Daily.

Mengekspor Ural

Pada 2015, pemilik baru IMZ menyesuaikan lini produksi perusahaan dan, pada tahun yang sama, berhasil memproduksi 1.755 unit sepeda motor. Meski begitu, semuanya diekspor ke Jepang, AS, Eropa, Kanada, dan Australia.

“Kami menyadari bahwa pasar Rusia tidak menjanjikan untuk (sepeda motor) jenis ini dan kami ingin bersaing dengan merek global. Karena itu, kami harus mengubah seluruh proses produksi. Model Ural yang ada saat ini sama sekali tak memiliki kesamaan dengan model terdahulu. Ini semua tentang permintaan pasar luar negeri,” jelas Khait.

Seorang pekerja tengah merakit sepeda motor Ural. Donat Sorokin/TASS
- Advertisement -spot_imgspot_img
Must Read
Terbaru
- Advertisement -spot_imgspot_img
Baca Juga :