spot_img
spot_img
spot_img
BerandaBerita UtamaInnalillahi, Tokoh Buruh Indonesia Muchtar Pakpahan Meninggal Dunia
Sabtu, April 20, 2024

Innalillahi, Tokoh Buruh Indonesia Muchtar Pakpahan Meninggal Dunia

spot_imgspot_img

Kantorberitaburuh.com, JAKARTA – Tokoh Buruh Indonesia, Prof. Dr. Muchtar Pakpahan SH MA dikabarkan meninggal dunia. Dari kabar yang diperoleh redaksi, Muchtar Pakpahan Meninggal dunia di RS Siloam pada Minggu (21/3/2021) sekira pukul 22-an malam WIB.

Kabar ini datang dari grup pusat Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI). Sejauh ini belum ada penjelasan atau keterangan resmi dari pihak keluarga Muchtar pakpahan. Namun dari Anggota MPO KSBSI diperoleh informasi, Almarhum Prof. Muchtar Pakpahan rencananya akan disemayamkan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto.

Prof. Dr. Muchtar Pakpahan SH MA dikenal sebagai tokoh pejuang yang tangguh membela hak-hak buruh dan pekerja di Indonesia. Tokoh buruh yang lahir di Bah Jambi II, Tanah Jawa, Simalungun, Sumatra Utara, 21 Desember 1953 adalah tokoh buruh yang mendirikan serikat buruh independen pertama di Indonesia yakni Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI).

BACA JUGA  Penentang Junta Militer Hilang Kepercayaan Terhadap ASEAN

Karena perjuangannya, dia memperoleh berbagai penghargaan hak asasi manusia dari dunia internasional.

Selain sebagai tokoh buruh, prof Muchtar pakpahan juga dikenal aktif sebagai pengacara di kantor hukum (Law Firm) Muchtar Pakpahan Associates. Ia juga aktif mengajar di Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia (UKI).

Mengutip sbsi.or.id disebutkan, Prof Muchtar Pakpahan adalah pendiri sekaligus Ketua Umum DPP Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (1992-2003) sebagai organisasi buruh independen pertama di Indonesia.

Pernah menjabat sebagai anggota Governing Body ILO mewakili Asia, dan Vice President World Confederation of Labor, ILO.

Prof buruh ini juga sempat membawa buruh aktif di partai Politik dengan mendirikan Partai Buruh Sosial Demokrat pada tahun 2003. Kemudian pada tahun 2010 ia meninggalkan Partai dan memilih fokus di kantor pengacaranya aktif mengajar. (REDKBB)

- Advertisement -spot_imgspot_img
Must Read
Terbaru
- Advertisement -spot_imgspot_img
Baca Juga :