spot_img
spot_img
spot_img
BerandaBerita UtamaDepo G. Fortune Bikin Macet, GEPKES dan Warga Tuntut Fortune Tanggung Jawab
Sabtu, April 20, 2024

Depo G. Fortune Bikin Macet, GEPKES dan Warga Tuntut Fortune Tanggung Jawab

spot_imgspot_img

Kantorberitaburuh.com, JAKARTA – Gerakan Pengemudi (Federasi Serikat Buruh) Kimia, Industri Umum, Farmasi dan Kesehatan (KIKES) atau biasa disebut Gerakan Pengemudi Kikes bersama warga di wilayah Babek Rorotan dan sekitarnya menggelar aksi unjuk rasa di depan Depo G. Fortune.

Mereka menuntut PT. GFC Indonesia Terminal bertanggungjawab atas kemacetan yang terjadi akibat aktivitas perusahaan di Depo G. Fortune. GEPKES Indonesia dan Warga menuntut perusahaan memperbaiki sistem akses jalan keluar masuk Depo agar tidak mengganggu akses jalan masyarakat.

“Kami melakukan aksi karena adanya kegiatan PT. GFC Indonesia Terminal Yang terlalu padat dan tidak memperhatikan kepentingan masyarakat pengguna jalan lainnya sehingga menyebabkan kemacetan parah setiap harinya di wilayah babek rorotan dan sekitarnya,” demikian disampaikan oleh Syarif Hidayat selaku Ketua umum GEPKES Indonesia dalam keterangan resmi, Kamis (8/4/2021).

BACA JUGA  Malapetaka Abu Emas Hitam, Petani Banten Dikepung Polusi PLTU Suralaya
Warga yang turut aksi menuntut tanggung jawab Fortune atasi kemacetan di depan Depo G. Fortune. (Foto istimewa)

Menurutnya, kemacetan berpotensi memicu munculnya asmoro (istilah untuk bajing Loncat) yang mengakibatkan pemalakan dan perampasan terhadap pengemudi yang melintas.

“Timbulnya kemacetan tersebut berdampak kepada pengemudi lainnya yang bukan merupakan pengemudi PT. GFC Indonesia Terminal dan perusahaan logistic sekitar, pasalnya jika jalan lancar maka mereka bisa menjalankan kegiatannya hingga beberapa rit per hari, tapi sekarang jalan sudah macet begini, mereka menunggu giliran untuk loading dan maksimal hanya mendapatkan 2 rit dalam 1 hari, artinya pendapatannya jauh berkurang” Tegas Syarif.

Bukan Lingkungan Industri

Tidak hanya pengemudi yang gerah dengan ulah GFC dengan Depo G Fortune-nya, warga sekitarpun mendukung aksi dengan menyampaikan unek-uneknya terkait hiruk pikuk yang ada di lingkungan rumah mereka.

BACA JUGA  Dipimpin Binson, Buruh Tuntut Pengurus Koperasi TKBM Pelabuhan Panjang Diberhentikan
Aksi GEPKES Indonesia. (Foto istimewa)

“Jalanan jadi macet total, debu tebal, lingkungan tidak nyaman lagi, karena lingkungan perumahan warga dijadikan kawasan industri yang tidak sesuai harapan. Belum lagi sikap cuek GFC terhadap warga, apabila warga membutuhkan bantuan dana sosial ataupun pengembangan putra wilayah setempat, perusahaan tutup mata dan hanya berfikir keuntungannya sendiri” demikian celotehan emak-emak berinisial SN yang merupakan warga RT.001/007 Rorotan dalam aksi orasinya mewakili warga.

Kegiatan Depo G. Fortune sangat mengganggu dan merugikan warga serta pengemudi lainnya. Betapa tidak, dengan adanya aktifitas selama 24 jam yang dilakukan Depo G. Fortune yang tidak hanya menyebabkan kemacetan yang panjang tetapi juga menimbulkan kebisingan, suara alat berat serta klakson antrian panjang truck trailer yang notabene tempat Depo G. Fortune beroperasi diduga bukanlah kawasan industri.

BACA JUGA  Serikat Buruh KIKES Ajak Pemerintah Hormati Peradilan MK, Stop Bahas RPP!

“Kami berharap aksi ini dapat menjadikan teguran keras untuk pihak managemen Depo G. Fortune dan berfikir keras untuk menjalankan usahanya dengan tidak merugikan pihak lainnya, terlebih masyarakat sekitar.” tandasnya.

Saat berita ini dirilis, belum ada penjelasan dari manajemen Depo G. Fortune maupun dari PT. GFC Indonesia Terminal.  (REDKBB)

- Advertisement -spot_imgspot_img
Must Read
Terbaru
- Advertisement -spot_imgspot_img
Baca Juga :