spot_img
spot_img
spot_img
BerandaInternasionalAsia PasifikAwasi Konvoi Kapal Induk China, Taiwan Kerahkan 6 Kapal Perang
Kamis, Maret 28, 2024

Awasi Konvoi Kapal Induk China, Taiwan Kerahkan 6 Kapal Perang

spot_imgspot_img

Kantorberitaburuh.com, JAKARTA – Selat Taiwan kembali panas setelah konvoi kapal perang China bermanuver di selat tersebut. Rombongan kapal perang China yang dipimpin Kapal Induk Shandong memprovokasi Taiwan yang segera bereaksi keras.

Taiwan mengerahkan sedikitnya enam kapal perang dan delapan pesawat untuk mengawasi konvoi tempur Shandong ini.

Berulangkali Taiwan mengeluhkan sikap provokasi yang dilancarkan China. Meskipun ini bukan pertama kalinya kapal induk China mendekati Taiwan, namun manuver kemarin terjadi pada saat ketegangan yang meningkat antara Taipei dan Beijing.

China sampai saat ini tetap mengklaim pulau Taiwan sebagai bagian dari kedaulatan wilayahnya. Konvoi kapal induk Shandong berangkat dari pelabuhan Dalian di China utara sejak Kamis pekan lalu.

BACA JUGA  ITAS jadi Alasan Imigrasi Bolehkan 34 TKA China Masuk Indonesia

Setelah melewati Selat Taiwan yang sempit pada hari Minggu, kelompok tempur kapal induk itu melanjutkan ke arah selatan.

“Dengan dukungan rakyat, angkatan bersenjata nasional memiliki kepercayaan dan kemampuan untuk menjaga Tanah Air, dan memastikan keamanan nasional dan menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan,” kata kementerian Pertahanan Taiwan, seperti dikutip Reuters, Senin (21/12/2020).

Situasi China dan Taiwan terus memburuk dalam 1 dekade ini menyusul sikap China yang kerap menunjukan agresifitasnya pada Taiwan. Taiwan sendiri telah membekali sejumlah persenjataan canggih anti serangan rudal mengantisipasi jika konfrontasi keduanya tak bisa dihindari.

(*/Red/Kantor Berita Buruh)

- Advertisement -spot_imgspot_img
Must Read
Terbaru
- Advertisement -spot_imgspot_img
Baca Juga :