spot_img
spot_img
spot_img
BerandaInternasionalAfrikaUpah Hidup Layak untuk Industri Gula, Sekarang Saatnya
Jumat, April 19, 2024

Upah Hidup Layak untuk Industri Gula, Sekarang Saatnya

spot_imgspot_img

Penulis: Maurice van Beers, Koordinator Regional Amerika Latin CNV Internationaal

Kantorberitaburuh.com, Artikel ini mungkin tidak ditujukan untuk Anda. Berapa banyak orang yang benar-benar menentukan upah layak bagi perusahaan besar di industri makanan? Hanya segelintir pria dan wanita yang bekerja untuk perusahaan seperti PepsiCo, Nestle, Unilever, atau Coca-Cola. Tapi baca terus.

Kita semua mengonsumsi gula dengan satu atau lain cara. Gula ada dalam makanan kita dan dalam kemasan. Ada juga di tangki bensin mobil Anda dalam bentuk etanol. Pesan ini penting bagi kita semua.

Anda dan saya membeli gula dan orang-orang yang memanen tebu itu tidak mendapatkan upah yang layak. Ini seperti ini: Membayar gaji (potongan) yang tidak mencukupi untuk panen tebu memaksa pekerja di Amerika Latin dan Asia untuk bekerja dalam hari-hari yang sangat panjang. Mereka bekerja lebih dari 60 jam seminggu, dengan mengorbankan kesehatan pribadi mereka.

Setiap pekerja tebu memotong 3000 sampai 5000 kg tebu setiap hari. Kerja keras ini, ditambah dengan panasnya cuaca tropis dan kurangnya air minum di ladang, dapat menyebabkan gagal ginjal yang fatal.

BACA JUGA  KSBSI Minta Jokowi Terbitkan PERPPU Penangguhan UU Cipta Kerja

Seluruh keluarga bekerja, bahkan anak-anak, karena itulah yang diperlukan bagi mereka untuk memenuhi kebutuhan. Tentu saja, pekerja anak tidak diperbolehkan “secara resmi”, tetapi kenyataan sehari-hari berbeda di sektor ini. Jutaan orang di seluruh dunia, termasuk anak-anak, bekerja di ladang tebu setiap hari.

Alasan dari semua kekejaman ini adalah bahwa para pekerja tidak mendapatkan upah yang layak. Bonsucro, standar sertifikasi terpenting di industri, baru-baru ini mengajukan proposal untuk memasukkan upah layak dalam standar sertifikasi baru yang diperbarui. Itu proposal yang bagus. Upah yang layak, upah layak, harus dijamin. Itu hak asasi manusia.

Tapi, siapa yang harus membayar? Uang untuk membayar semua pekerja sebagai upah hidup harus datang dari suatu tempat.

Ini masih sebuah proposal. Uang untuk membayar semua pekerja sebagai upah hidup harus datang dari suatu tempat. Siapa yang harus membayar? Pemilik  perkebunan? Perantara? Ataukah keuntungan yang diperoleh dari industri makanan dikurangi? Haruskah konsumen menanggung biayanya?

Untuk memulai percakapan ini, CNV Internationaal menyelenggarakan webinar untuk anggota Bonsucro pada 7 Oktober 2020, Hari Pekerjaan Layak Sedunia. Dalam webinar tersebut, beberapa argumen yang meyakinkan dibuat tentang penerapan upah layak.

BACA JUGA  Geruduk Kantor Gubernur dan Bupati, Buruh Tangerang Tuntut Kenaikan Upah 20 Persen

Pertama-tama, investor semakin menuntut jaminan bahwa upah layak dibayar di sektor tempat mereka berinvestasi. “Platform Living Wage Financials” sedang mempertimbangkan untuk menambahkan industri gula pada tahun 2021. Hal ini terutama berkaitan dengan perusahaan besar di industri makanan. Pertanyaan seperti: Apakah upah layak dibayarkan pada awal rantai produksi? akan ditangani. Platform ini bagus untuk investasi 2,6 miliar euro.

Kedua, Uni Eropa telah mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan inisiatif legislatif untuk Praktik Bisnis Bertanggung Jawab Internasional pada tahun 2021. Gaji hidup memang sudah termasuk. Berbagai negara anggota, termasuk Belanda, sedang mengerjakan undang-undang mereka. Ini penting karena pasar Eropa adalah yang terbesar di dunia dengan 500 juta konsumen.

Saatnya ada di kita. Dengan memasukkan upah layak dalam standar Bonsucro yang baru, kita dapat menyatukan semua orang di seluruh dunia dan menciptakan upah layak bagi pekerja tebu

Baik investor maupun pemerintah mengirimkan sinyal yang jelas. Bonsucro juga melihat betapa pentingnya menerapkan upah layak jika ingin memberantas masalah seperti pekerja anak dan kerja paksa.

Ini berarti saatnya ada di kita. Kami memiliki peluang besar untuk menghapus pekerja paksa dan pekerja anak. Dengan memasukkan upah layak dalam standar Bonsucro yang baru, kita dapat menyatukan semua orang di seluruh dunia dan menciptakan upah layak bagi pekerja tebu.

BACA JUGA  Putusan MK yang Inkonstitusional Bersyarat

Ini dimungkinkan jika semua orang di seluruh rantai produksi bekerja sama. Bersama-sama kita adalah bagian dari solusi. Bersama-sama kita dapat mengambil langkah besar untuk menciptakan industri tebu yang benar-benar berkelanjutan dan adil.

Beberapa pria dan wanita yang membuat keputusan untuk perusahaan besar di industri makanan — yang saya sebutkan di awal artikel ini — dapat memainkan peran penting dalam pengambilan keputusan dalam menciptakan keberlanjutan dan upah layak ini.

Dengan berinvestasi dalam kontrak yang lebih lama dan lebih stabil dengan pemasok. Dengan membayar harga yang lebih baik. Dengan menawarkan premi kepada produsen yang membayar upah layak. Jika sekelompok orang ini menunjukkan kesediaannya, maka kita telah mengambil langkah besar untuk mencapai upah layak di industri tebu. (*)

*Sumber Publish: CNV Internationaal

- Advertisement -spot_imgspot_img
Must Read
Terbaru
- Advertisement -spot_imgspot_img
Baca Juga :